Follow by Email

Jumat, 02 Desember 2011

Memahami Konsep Multiple Intelligences

Memahami Konsep Multiple Intelligences
Setiap anak dapat mengembangkan bakat emasnya, sesuai kebutuhan dan minat. Sehingga menjadi sesuatu yang dapat diandalkannya saat dewasa.
Seorang pakar psikologi dan ahli syaraf USA, Howard Gardner, untuk pertama kalinya di tahun 1983 merilis teorinya tentang kecerdasan manusia, terutama pola belajar dan keterampilan yang dimiliki.
Dalam teorinya itu, Howard Gardner kemudian memetakan jenis kecerdasan majemuk (ganda) yang mungkin dimiliki seseorang. Menurutnya, intelegensi dapat diasah, asalkan dikenali secara tepat sejak dini. Adapun  jenis intelegensi tersebut adalah:
NoJenis Intelegensi Keterampilan dan Presepsi
1 Linguistik  Kata dan bahasa
2 Logika – matematika  Logika dan angka
3 Musikal  Musik, suara, irama
4 Gerak tubuh  Kemampuan mengendalikan       gerak tubuh
5 Spatial-Visual  Gambar dan ruang
6 Interpersonal  Perasaan orang lain
7 Intrapersonal  Kesadaran terhadap diri sendiri
Dalam teorinya Howard Gardner mengutarakan bahwa kecerdasan seorang anak tidak hanya terpatok pada pencapaian nilai akademisnya, karena setiap anak akan memperlihatkan kecerdasannya dengan banyak cara, tergantung kemampuan utama yang dimilikinya. Lalu, bagaimana menemukan kemampuan utama anak dan mengembangkannya?
Dalam masa pertumbuhan di usia pra-sekolah, seluruh keterampilan anak berkembang nyaris bersamaan secara pesat. Satu-satunya cara mengenali kecerdasan ganda yang mungkin dimilikinya, adalah dengan meluangkan waktu mengamati dan bermain bersamanya. 
Orang tua diminta merangsang anak dengan berbagai aktivitas yang tepat, adapun cara praktis yang disarankan untuk mengasah setiap jenis kecerdasan tersebut adalah:
NoJenis Intelegensi Cara Praktis Mengasah
1 Linguistik Mengajak anak berbicara, membacakan cerita,
2 Logika – matematika Bermain mengelompokkan benda, bermain kartu angka, mengajak anak berhitung
3 Musikal Mendengarkan lagu bersama, bernyanyi, menari mengikuti irama lagu
4 Gerak tubuh Menari, berolahraga, bergerak aktif
5 Spatial-Visual Menyusun balok, menggambar, mewarnai
6 Interpersonal Mengajak bersikap ramah, bermain bersama teman seusia
7 Intrapersonal Mendorong anak banyak bertanya, mengajaknya menjenguk saudara yang sakit
Tidak ada yang istimewa bukan dalam megupayakan kecerdasan ganda anak tumbuh optimal. Anda hanya perlu konsisten melakukannya, sehingga keterampilan utama si kecil terlihat sangat menonjol, dan siap diarahkan menjadi sesuatu yang dapat diandalkannya kelak.

Ref: Anak Cerdas Cerebrofort

Tidak ada komentar:

Posting Komentar